12 Contoh Teks Anekdot Pendek yang Menghibur dan Unik (+ Penjelasan Struktur)

Teks anekdot adalah cerita singkat yang lucu, tetapi memiliki tujuan mengkritik dengan cara yang halus agar tidak menyinggung pembaca atau pendengar. Biasanya, teks anekdot membahas topik yang berhubungan dengan layanan publik, hukum, politik, dan lain-lain. Selain dalam bentuk cerita, anekdot juga dapat berupa dialog atau gambar (meme) yang mengandung pesan moral, sindiran, atau kritikan.

Ciri-ciri teks anekdot antara lain: mengandung humor, menggelitik, mengandung sindiran atau kritikan, mirip dengan dongeng, melibatkan orang atau tokoh terkenal, dan memiliki tujuan tertentu. Struktur teks anekdot terdiri dari abstraksi (gambaran umum cerita), orientasi (awal mula dan latar belakang peristiwa), krisis (inti permasalahan), reaksi (tanggapan terhadap masalah), dan koda (penyelesaian cerita).

Beberapa kaidah kebahasaan dalam teks anekdot meliputi penggunaan keterangan waktu lampau, konjungsi temporal, kata kerja material, urutan peristiwa berdasarkan waktu, dan penggunaan pertanyaan retorik.

Berikut ini adalah contoh-contoh teks anekdot singkat:

1. Larangan Merokok
Anika, seorang wanita kecil, melihat ayahnya merokok di halaman rumah. Anika menyadari bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan, jadi ia menegur ayahnya. Ayahnya merasa malu dan berusaha memadamkan rokoknya. Anika memintanya untuk segera memadamkan rokok tersebut. Ayahnya menjawab bahwa ia sedang memusnahkan rokok dengan membakarnya satu per satu karena pabriknya tidak diizinkan membakar rokok.

2. Koran Esuk
Warto pergi ke warung Bu Katmi untuk minum kopi. Di sana, ia membaca koran dengan asal-asalan hanya melihat gambar. Ketika Warto melihat gambar seorang wanita cantik di halaman terakhir koran, ia bertanya kepada Bu Katmi siapa wanita tersebut. Bu Katmi menjawab bahwa wanita itu adalah seorang penipu yang bekerja di bank dan bisa mengambil uang orang dengan menggunakan bunga bank. Warto mengingatkan dirinya sendiri untuk berhati-hati.

3. Rayuan Gombal
Seorang wanita memberi rayuan gombal kepada kekasihnya di taman. Wanita tersebut bertanya apakah ayah kekasihnya adalah seorang politikus karena sering ingkar janji. Sang kekasih terkejut dan wanita tersebut pergi meninggalkannya.

4. Tips Lulus Ujian
Seorang wali kelas memberikan nasihat kepada murid-muridnya bahwa untuk lulus ujian, mereka harus patuh pada perintah. Murid-murid bertanya apa hubungan antara patuh pada perintah dengan lulus ujian. Wali kelas menjawab bahwa setiap pertanyaan sudah memiliki perintah yang jelas, yaitu memilih jawaban yang benar. Jadi, mereka harus memastikan tidak memilih jawaban yang salah agar bisa lulus ujian.

5. Ring Basket
Adi dan Ahmad sedang makan siang di kantin sekolah. Adi bertanya kepada Ahmad cara mengerjakan PR matematika. Saat mereka sedang berbicara, Rudi melempar sampah tidak jauh dari tong sampah. Adi menegur Rudi, dan Ahmad menyindirnya dengan bertanya apakah dia mengira itu adalah ring basket. Rudi lalu mengambil sampah tersebut dan memasukkannya ke tong sampah.

6. Busway atau Bus Trans Jakarta
Bus Trans Jakarta sering disebut dengan busway. Namun, sebenarnya busway adalah jalur khusus untuk bus, bukan nama bus itu sendiri. Namun, kendaraan lain tidak boleh melewati jalur busway. Hal ini terkadang membingungkan karena busway seharusnya merujuk pada jalur khusus untuk bus, bukan nama bus itu sendiri.

Itulah beberapa contoh teks anekdot singkat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar