13 Senjata Tradisional Bali yang Harus Dikenal [Komprehensif+]

Bali, terkenal sebagai destinasi wisata alam Indonesia yang indah, juga terkenal karena masyarakatnya yang sangat memegang budaya dan tradisi nenek moyang, termasuk dalam hal senjata tradisional. Beberapa senjata tradisional Bali dapat dilihat dari peninggalan budaya yang masih terjaga, seperti rumah adat Bali, upacara adat Bali, dan tarian tradisional Bali.

Ada banyak jenis senjata tradisional di Bali, meskipun banyak di antaranya yang sudah jarang ditemukan dan tergolong langka. Beberapa senjata tradisional yang masih ada hingga saat ini adalah:

1. Keris: Keris adalah senjata tradisional yang berasal dari Pulau Jawa, tetapi juga ada di Bali. Perbedaan antara Keris Jawa dan Keris Bali terletak pada ukuran dan desain gagangnya.

2. Taji (Tajen): Taji adalah senjata yang sering digunakan dalam kegiatan tarung ayam dan juga dalam upacara adat tabur roh.

3. Kandik: Kandik adalah senjata khas Bali yang berbentuk kapak dan biasa digunakan untuk pekerjaan berat seperti menebang pohon.

4. Blakas (Golok Cepot): Blakas adalah senjata yang mirip dengan golok dapur dan sering digunakan untuk mencincang sesuatu.

5. Tiuk: Tiuk adalah senjata tradisional berbentuk belati atau pisau yang digunakan untuk memasak dan keperluan dapur lainnya.

6. Wedhung: Wedhung adalah belati atau pisau yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sering digunakan oleh laki-laki sebagai alat pertahanan.

7. Arit: Arit adalah senjata berbentuk setengah lingkaran seperti bulan sabit, sering digunakan saat bekerja di sawah atau kebun.

8. Tombak: Tombak adalah senjata perang yang digunakan oleh prajurit kerajaan zaman dulu dan sering digambarkan dalam tarian perang Bali.

9. Trisula: Trisula adalah senjata dengan tiga mata yang digunakan sebagai senjata utama Siwa.

10. Caluk: Caluk adalah senjata berbentuk pisau lengkung yang biasa digunakan untuk pekerjaan di kebun atau sawah.

11. Keris Tayuhan: Keris Tayuhan adalah keris yang dipercaya memiliki kesaktian dan sudah dijadikan simbol identitas diri oleh masyarakat Bali.

12. Penampad: Penampad adalah senjata berbentuk pisau panjang yang sering digunakan untuk membersihkan rumput di sawah.

Mempelajari senjata tradisional Bali sangat penting untuk memahami budaya dan tradisi masyarakat Bali. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan komentar