Examples of Moderator Texts (Seminar, Debate, Workshop, Presentation + English)

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika seseorang ditunjuk menjadi moderator, maka dalam dirinya akan timbul perasaan gugup, grogi, dan takut. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena selalu ada cara untuk mengurangi bahkan menghilangkan ketegangan. (Baca juga: Cara menghilangkan nervous)

Selain itu, kamu juga bisa mencari referensi tentang contoh teks moderator di internet sebagai acuan agar proses rapat ataupun diskusi yang dipimpin dapat berjalan dengan lancar.

Tips Menjadi Moderator

  1. Menggali Informasi tentang Narasumber
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi tentang narasumber sebanyak-banyaknya, entah itu melalui internet atau bertanya langsung pada panitia. Pada tahap ini, pastikan kamu mengingat jelas nama narasumber dan jangan sampai lupa, apalagi misalnya ketika di tengah diskusi. Proses mencari informasi tentang narasumber (narsum) bertujuan untuk memudahkan moderator menempatkan diri dan beradaptasi di atas panggung. Karena bagaimanapun juga, watak setiap orang berbeda-beda dan cara pendekatannya pun juga berbeda.

  3. Pelajari Materi yang akan Disampaikan kepada Narasumber
  4. Meskipun kamu tidak paham secara menyeluruh tentang materi yang akan disampaikan. Namun, setidaknya kamu jangan terlalu blank dengan materi tersebut. Pelajarilah materi tersebut walaupun sekilas.

  5. Berkoordinasi dengan Panitia
  6. Kamu harus memastikan jadwal atau waktu kepada panitia agar bisa mempersiapkan diri untuk mengatur berapa lama waktu narasumber berbicara, durasi sesi tanya jawab, atau juga berapa lama harus berbasa-basi di atas panggung untuk mengulur waktu.

  7. Mempersiapkan Peralatan
  8. Persiapkan peralatan seperti pulpen dan kertas untuk mencatat pertanyaan atau poin-poin penting yang disampaikan narasumber. Poin tersebut nantinya harus kamu bacakan sebagai kesimpulan ketika penutupan acara.

  9. Mempersiapkan Teks (Opsional)
  10. Yang terakhir sebenarnya bersifat opsional. Tapi, jika kamu membawakan acara formal, terkadang moderator atau mc seringakali membawa kertas ke atas panggung, kertas tersebut biasanya berisikan ringkasan informasi ataupun teks yang akan di bacakan.

Setelah dapat memahami poin diatas, maka selanjutnya kamu bisa simak berbagai contoh teks moderator dibawah ini.

Contoh Teks Moderator Seminar

Terima kasih kepada MC atas kesempatan yang diberikan.

Baik, hadirin peserta seminar sekalian, langsung saja kita masuki acara inti yang paling kita tunggu, yaitu penyampaian materi sekaligus diskusi yang nantinya juga akan ada sesi tanya jawab setelah kedua materi menyampaikan materinya

… (konten selanjutnya dihilangkan untuk kesingkatan)

Contoh Teks Moderator Debat

Selamat Pagi, salam sejahtera untuk kita semua yang hadir pada hari__________ bertempat di____________________ dalam kegiatan debat Bahasa Indonesia dengan MOSI_________________________

Debat hari ini terdiri dari tiga tim yaitu tim Afirmasi, Oposisi, dan tim Netral. Sebelum pelaksanaan debat dimulai, saya akan membacakan tata tertib debat sebagai berikut:

… (konten selanjutnya dihilangkan untuk kesingkatan)

Tinggalkan komentar