Pengertian, Unsur, dan Jenis Kalimat: Penjelasan Komprehensif

Apa yang kamu ketahui tentang pengertian kalimat? Selain pengertian kalimat, apakah kamu juga mengetahui unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah kalimat dan berbagai jenis kalimat dalam bahasa Indonesia?

Kalimat adalah satuan bahasa yang terdiri dari rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyampaikan makna yang lengkap. Secara umum, kalimat dapat didefinisikan sebagai satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik secara lisan maupun tulisan. Kalimat dalam bentuk lisan diucapkan dengan intonasi yang naik turun, keras lembut, diselingi dengan jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir. Sedangkan dalam bentuk tulisan, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!).

Beberapa pengertian kalimat yang diungkapkan oleh para ahli adalah sebagai berikut:
1. Kridalaksana (2001: 92) mendefinisikan kalimat sebagai satuan bahasa yang relatif mandiri, memiliki pola intonasi akhir, dan dapat terdiri dari klausa, klausa bebas yang menjadi fokus pembicaraan, satuan proposisi yang merupakan gabungan klausa atau satu klausa yang membentuk satuan mandiri, jawaban minimal, seruan, salam, dan sebagainya.
2. Alwi, dkk (2000: 311) menjelaskan bahwa kalimat dalam bentuk lisan diucapkan dengan intonasi naik turun, keras lembut, diselingi dengan jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan bunyi atau proses fonologis lainnya.
3. Dardjowidojo (1988: 254) mendefinisikan kalimat sebagai bagian dari ujaran atau teks (wacana) yang mengungkapkan pikiran yang utuh secara tata bahasa.
4. Keraf (1984: 156) menjelaskan bahwa kalimat adalah bagian dari ujaran yang didahului dan diikuti oleh kesenyapan, dan intonasinya menunjukkan bahwa bagian ujaran tersebut sudah lengkap.
5. Slametmuljana (1969) menjelaskan bahwa kalimat adalah penggunaan kata yang berirama, disusun berdasarkan sistem bahasa yang digunakan, bisa hanya menggunakan satu kata atau lebih.

Unsur-unsur yang membangun sebuah kalimat antara lain:
1. Subjek: Bagian kalimat yang menunjukkan apa yang dinyatakan oleh penulis. Subjek dapat berupa kata benda, frasa kata benda, atau kata kerja.
2. Predikat: Bagian kalimat yang menandai apa yang dinyatakan oleh penulis tentang subjek. Predikat dapat berupa kata kerja, frasa kata kerja, frasa numeral, kata benda, frasa kata benda, frasa preposisi, kata sifat, atau frasa kata sifat.
3. Objek: Bagian kalimat yang melengkapi kata kerja. Objek dapat berupa kata benda atau frasa kata benda.
4. Pelengkap: Bagian kalimat yang melengkapi subjek atau objek. Pelengkap dapat ditempatkan setelah predikat atau setelah objek jika ada objek setelah predikat.
5. Keterangan: Bagian kalimat yang memperluas atau membatasi makna subjek atau predikat.

Jenis-jenis kalimat dalam bahasa Indonesia dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok, antara lain:
1. Kalimat tunggal: Kalimat yang terdiri dari satu klausa dan memenuhi syarat sebagai kalimat utuh.
2. Kalimat majemuk: Kalimat yang terdiri dari dua atau lebih kalimat tunggal. Kalimat majemuk dibagi menjadi kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk setara bertingkat.
3. Kalimat berita (kalimat deklaratif): Kalimat yang berfungsi untuk menyampaikan informasi.
4. Kalimat tanya (kalimat interogatif): Kalimat yang digunakan untuk menggali informasi atau jawaban dari pendengar.
5. Kalimat perintah (kalimat imperatif): Kalimat yang memberikan perintah untuk melakukan sesuatu.
6. Kalimat seruan: Kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan seperti kekaguman, kemarahan, atau kekecewaan.
7. Kalimat langsung: Kalimat yang disampaikan secara langsung tanpa perantara.
8. Kalimat tidak langsung: Kalimat yang memberitahukan kembali perkataan orang dalam bentuk kalimat berita.
9. Kalimat aktif: Kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktivitas.
10. Kalimat pasif: Kalimat yang subjeknya menerima tindakan atau pekerjaan.

Sumber:
– seputarpengetahuan.co.id
– id.m.wikipedia.org
– tambahpinter.com

Tinggalkan komentar